Waah….Patung Ini Tertinggi di Indonesia

by
Inilah Kuda Troya itu.….

Kota Probolinggo, tidak hanya menjadi cikal-bakal per-sepedamotoran di Indonesia. Kota kecil di provinsi Jawa Timur ini belakangan, memiliki patung kuda nomor tertinggi di Indonesia,  bahkan tercatat diurutan ke 2 dunia, setelah Turki. Lokasinya, di tempat wisata BeeJay Bakau Resort (BJBR).

Baca Juga : Gereja ini Hanya ada Satu di Indonesia


Patung mirip patung kuda Troya di Turki ini, berdiri megah menjorok ke laut bertumpu pada hamparan kayu di atas laut yang tertata rapi. Pemakarsanya memberi nama patung ini Cipta Wilaha. Nama itu diambil dari nama kuda milik Raden Arjuna, salah seorang tokoh dipewayangn. Tak hanya R. Wijaya, kuda cipta Wilaha yang ditunggangi, juga sakti mandraguna.


Designnya, dibuat mirip dengan patung kuda Troya yang ada di Turki. Konstruksinya besi dan baja, dibungkus potongan kulit pohon. Tingginya 15 meter, panjang 9 meter dan lebar 6 meter dibagi tiga lantai yang bisa menampung puluhan pengunjung. Selain bisa melihat keindahan laut seluas mata memandang, pengunjung bisa juga berselfie ria di atas kuda.

Baca Juga : Sepeda Motor Matik Pertama di Indonesia

Pengunjung bisa masuk ke dalam tubuh kuda melalui tangga yang ada di belakang kuda (Ekor). Dilantai 1 dan dua, pengunjung bisa mengintip keindahan laut dan hutan bakau dari celah ornament batang kelapa. Sedang di lantai atas (tiga) pengunjung bisa leluasa memandang birunya langit, laut dan rimbunnya tanaman mangrove (Bakau)


Kemegaan patung kuda yang menghadap ke barat laut ini, tidak hanya bisa dilihat di pagi dan siang hri. Malampun pengunjung bisa melihat, bahkan lebih indah dan takjub. Pernak-pernik lampu aneka warna yang menyinari kuda dan pantulan sinar lampu di permukaan laut, membuat patung kuda tampak lebih mempesona. 

Baca Juga : Sepeda Motor Pertama di Indonesia


Selamat Berlibur, menikmati indahnya patung ini 
Semoga bermanfaat ……….


Penulis : gusmo 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *