Lhoo…. Ini Toh Pelopor Motor Matik di Indonesia

by

Saat kita mendengar pertanyaan, sepeda motor matik apakah yang pertama di Indonesia ? Pasti banyak yang menjawab Nouvo. Jawaban itu tidak salah, karena matik produk Yamaha tersebut begitu booming dan menguasai jalanan di Indonesia. Sebab, motor yang diperkenalkan di Asia Tenggara di 2002 itu, belum ada pesaingnya.

Lantas, sepeda motor matik apakah pertama di Indonesia ? Jawaban yang benar, pelopor motor matic di Indonesia, Vespa PK 125. Motor buatan Piaggio Itali ini dilebeli Corsa dan diluncurkan 1984 di negara asalnya. Tujuh tahun kemudian yakni, 1991 masuk ke Indonesia melalui Agen Tunggal Pemegang Merek (ATMP) PT Dan Motor Vespa Indonesia.

Vespa Corsa

Di eranya, matik keluaran Piaggio italia ini booming. Penggunanya kebanyakan perempuan karena transmisinya (Oper giginya) otomatis, seperti motor matik saat ini. Selain itu, bodinya lebih ramping (Kecil) dibanding vespa keluaran sebelumnya. Vespa Corsa ini, tidak memiliki pedal rem yang biasanya ada di dek kanan bawah seperti generasi sebelumnya. Rem-nya ada distang kiri, yang biasanya dipakai kopling untuk vespa jenis manual.

Lampu depan (Utama) bulat, lampu seinnya ada di saya, jok pengemudi menyatu, tidak pisah seperti produk vespa manual. Box tempat ban cadangan (Serep) dan bagasi depan, dibuat lebih ramping. Sistem mesinnya, 2 tak berkapasitas 121 cc, output maksimal 7 Tenaga Kuda pada putaran mesin 5.600 rpm, kecepatan 90 km/jam. Cara menghidupkan mesinnya, elektrik dan kick starter (Manual).

Vespa Corsa

Corsa tidak bertahan di Indonesia, setelah jenis motor yang sama bermunculan diera 2000-an. Penjualannya terus menurun dari tahun ke tahun, hingga Piaggio menghentikan produksinya di 2006. Meski demikian, masih ada yang mencari bahkan memburu motor matik ini, terutama para penghobinya. Harganya masih di pasar online dan pasar manual masih relative stabil, Rp 6,5 juta, bahkan sampai memasang harga sampai Rp 30 juta.

Penulis : Gusmo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *