Ini Dia Tempat Wisata dengan Tiga MURI

by

BeeJay Bakau Resort atau BJBR

Jembatan Sepanjang mata memandang yang mendapar rekor MURI, jembatan terpanjang. (Foto: BJBR)

Pernah ke Kota Probolinggo. Jika belum, disarankan segera, karena kota yang berada di Jawa Timur bagian timur ini, tidak seperti dulu lagi. Kota penghasil mangga dan anggur itu, sudah berbenah dan mempercantik diri. Kota yang tidak memiliki wisata alam ini, kini memiliki tempat rekreasi bahari (Pantai) bernama “BeeJay Bakau Resort” disingkat BJBR.

BJBR berlokasi di pantai laut Jawa yang banyak ditumbuhi tanaman mangrove, jenis Bakau dan Api-api. Berkonsep eko wisata yang memadukan keindahan alam pantai dengan tempat rekreasi atau wisata atau rekreasi. Memanfaatkan areal seluas 89.2 hektar dengan berbagai fasilitas dan wahana yang jarang ditemui di tempat rekreasi lain. Beberapa wahana unik yang disediakan BJBR mendapat rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) di tahun ini (2017.

Pemilik (CEO) BJBR Benjamin Mangitu Foto Bareng Walikota Probolinggo, Hj Rukmini usai menerima Penghargaan dari MURI. (Foto: BJBR)

Diantaranya, Patung kuda Cipta Wilaha, berkonstruksi besi terdiri 3 lantai berornamen kulit pohon kelapa yang dibangun berdiri di tengah pantai. Patung Kuda tersebut berukuran, panjang 13,5 Meter, lebar 6 M dan tinggi 7,5 M. Kedua, Piramida Botol, sebuah bangunan berbentuk piramida. Masing-masing sisinya berukuran : tinggi 8,8 meter ; lebar 7,7 meter. Uniknya piramida ini tersusun dari botol bekas, yangg jumlahnya 9.309 botol.

MURI ketiga dipersembahkan untuk jembatan terpanjang di Indonesia. BJBR memiliki jembatan yang panjangnya 1.645 meter, yang terpasang mulai dari pintu masuk hingga menjorok ke laut. Jembatan terebut membentang sejauh mata memandang yang lebarnya dari 2 meter sampai 4 meter, alas jembatan berbahan baku kayu kelapa. Jembatan tersebut bisa dilewati sepeda angin (Pancal) dan merupakan jalur bagi pejalan kaki untuk menyusuri pantai dan menembus hutan bakau (Mangrove).

Bola Dunia BJBR  (Foto: Pantukir/Gusmo)

BJBR merupakan wahana ekowisata Bakau, seluas 89 hektar berlokasi di dekat Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Ada banyak fasilitas di dalamnya yang bisa dinikmati. Diantaranya, Pantai pasir putih dengan Permainan Air, Water Boom, FlyingFox, Cafe, Restoran Sari Laut dan Bungalow dan masih banyak fasilitas lain yang jarang ditemui di tempat wisata lain. Tiket masuk ke tempat rekreasi ini, tidak menguras kocek di kantong kita. Harganya, berbanding lurus dengan sarana dan fasilitas yang ada di dalam area Beejay Bakau Resort.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *