Enggak Nyangka, Sepeda Motor Pertama di Indonesia, ada di Kota Probolinggo

by
Jalan jalan kali ini, pantukir.com singgah di Museum Kota Probolinggo. Ada apa ya di sana ?

Inilah Sepeda motor pertama di Indonesia                                                    Foto : Gusmo

Dari deretan benda kuno yang dipajang di museum yang berlokasi di jalan Suroyo tersebut, ada satu unit sepeda yang cukup unik. Bentuknya seperti sepeda pancal atau angin, roda depannya lebih besar dari roda belakang. Sepeda bercat hitam dof (Tidak Mengkilat) itu bermesin dan di atasnya ada pipa besar seperti tempat BBM (Bahan bakar minyak).
Menurut petugas museum, sepeda tersebut merupakan sepeda motor pertama di Indonesia. Awalnya, pantukir tidak percaya, masak sepeda motor pertama di Indonesia, ada di Kota probolinggo. Bagaimana mau percaya, lha wong Probolinggo, merupakan kota kecil di Jawa Timur. Paling tidak, sepeda motor pertama ada di Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur. Atau di Jakarta, ibu kota Indonesia.

   Foto : gusmo

Dua kota yang disebutkan diatas, pada era 1800-san kota yang lebih maju dan penghasilan rata-rata penduduknya lebih tinggi, seperti saat ini.   Ternyata setelah ditelisik, sepeda motor tersebut, bukan milik warga pribumi, tetapi kepunyaan seorang pria berkebangsaan Inggris bernama John Potter. Ia tinggal di Kota Probolinggo bekerja di pabrik gula Oemboel (baca: Umbul) sebagai masinis. Sepeda motor bertenaga uap itu didatangkan dari negar asalnya, pada tahun 1893.
Dalam buku Krèta Sètan (de duivelswagen) dikisahkan, John C. Potter memesan sendiri ke pabriknya, di Hildebrand und Wolfmüller, di Muenchen, Jerman. Maklum, kala itu di Indonesia belum ada penjual (Dealer) sepeda motor. Data yang terdapat di museum menyebutkan, moor uap (The Steam Motorcycle) diciptakan Gottlin Daimler warga berkebangsaan Jerman. Perusahaan pembuatnya, Hildebrand Und Wolfmuller  berdiri tahun 1885.

Dibanding Amerika, Indonesia lebih awal ada sepeda motor. Negeri paman sam itu, memiliki sepeda motor dua tahun kemudian, yakni 1895. Sepeda motor berkecepatan 30 km/jam ini, ada di New York, dibawa seorang pemain sirkus asal Perancis. Sepeda motor milik John C Potter tersebut merupakan satu-satunya kendaraan bermotor, sebab kala itu, di Indonesia, belum ada mobil atau kendaraan roda empat. Kendaraan roda empat (Mobil) masuk ke Indonesia satu tahun kemudian, yakni 1894. Pemiliknya, Sunan Solo (merk Benz tipe Carl Benz).

Baca Juga : Sepeda Motor Matic Pertama di Indonesia
Menurut petugas meseum, sepeda motor pertama yang dipajang dimuseum, bukan aslinya, tetapi replica atau turunan. Yang asli ada di museum Mpu Tantular Surabaya. Museum Kota Probolinggo, sempat meminjam untuk keperluan pameran beberapa tahun yang lalu dan selesai pameran, dikembalikan lagi ke museum Mpu Tantular. 

Penulis : Gusmo


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *